Pengembangan Program Pembelajaran Komputer Menggunakan Microsoft Power Point


 

Microsoft office Powerpoint merupakan suatu perangkat lunak yang diciptakan khusus untuk menangani perancangan presentasi grafis secara mudah dan cepat. Dengan menggunakan Microsoft office Powerpoint kita dapat merancang presentasi visual yang menakjubkan menggunakan teks, grafis, foto, animasi, video, dsb (Dr. Erhans Anggawirya, 2011: 7).

Microsoft Office PowerPoint banyak digunakan oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa dan trainer karena memiliki beberapa keuntungan seperti pengoperasionalan yang mudah, sederhananya tampilan ikon-ikon dan tidak harus mempelajari bahasa program komputer. Meskipun program aplikasi ini sebenarnya merupakan program untuk membuat presentasi namun fasilitas yang ada dapat dipergunakan untuk membuat media pembelajaran. Media pembelajaran yang dihasilkan akan cukup menarik karena memiliki beberapa fasilitas seperti:

a. Memasukkan teks, gambar, suara dan video

Fasilitas yang penting dari program aplikasi ini adalah fasilitas untuk menampilkan teks. Dengan fasilitas ini pembuat program bisa menampilkan berbagai teks untuk berbagai keperluan misalnya untuk pembelajaran menulis, membaca atau pembelajaran yang lain. Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas tampilan gambar, suara dan video untuk memperjelas materi yang disampaikan.

b. Membuat tampilan menarik

Ada beberapa fasilitas yang disediakan untuk membuat tampilan menarik. Fasilitas yang pertama adalah background. Background akan memperindah tampilan program. Fasilitas lain yang akan membuat tampilan lebih menarik adalah fasilitas animasi. Dengan fasilitas ini gambar-gambar dan teks akan muncul ke layar dengan cara tampil yang bervariasi.

c. Membuat hyperlink

Hyperlink atau hubungan dalam satu program akan memungkinkan memberikan umpan balik secara langsung. Hubungan dengan program lain akan memperkaya fasilitas yang mendukung seperti halnya dalam proses pembelajaran dan hubungan dengan internet akan membuka berbagai kemungkinan pembelajaran yang lebih luas, pribadi dan otentik Fasilitas ini sangat penting dan sangat mendukung, dengan hyperlink program bisa terhubung ke program lain atau ke jaringan internet.

Sebelum mulai membuat media pembelajaran Microsoft office Powerpoint ada beberapa hal yang perlu di perhatikan. Dr. Erhans Anggawirya (2011: 10) menjabarkan beberapa langkah awal mendesain presentasi, yaitu:

a. Apa inti masalahnya?

Menentukan inti permasalahan terpenting yang akan disapaikan melalui presentasi.

b. Siapa audiennya?

Audien adalah orangn yang menjadi target sasaran presentasi. Mengetahui dan memahami audien dengan baik sangat diperlukan sebelum mendesain presentasi. Presentasi yang diberikan kepada karyawan, berbeda dengan yang diberikan kepada pemegang saham.

c. Apa tujuannya?

 umum, tujuan presentasi adalah untuk menginformasikan, meyakinkan, membujuk, menginspirasi, atau menghibur audien. Setiap tujuan membutuhkan desain presentasyang berbeda. Presentasi yang bertujuan untuk menghibur, desainnya berbeda dengan presentasi yang bertujuan untuk meyakinkan.

d. Pembuatan outline

Setelah mengetahui inti masalah, audien, dan tujuan presentasi, langkah selajutnya adalah membuat outline presentasi. Outlinemerupakan kerangka utama dari materi presentasi yang akan disampaikan. Dalam outline dicantumkan teks, ilustrasi pendukung, dan perkiraan sound.

Murti (2013: 4) mengungkapkan kelebihan serta kelemahan 

dari media Powerpoint adalah sebagai berikut:

1) Kelebihan media Powerpoint yaitu:

 (a) guru atau pengajar bebas menulis apa saja, 

(b) menampilkan gambar apa saja, 

(c) menampilkan animasi (gambar bergerak) dan video (film) sesuai kebutuhan, 

(d) bisa disimpan dan digunakan kembali kapan saja, sedangkan papan tulis hanya sekali pakai karena apa yang ditulis pada papan tulis hari ini tidak bisa digunakan lagi saat mengajar berikutnya, 

(e) media powerpoint juga mampu menyajikan teks, gambar, animasi, dan video yang tidak mungkin dibuat di papan tulis. Itulah beberapa keunggulan media digital dibandingkan media papan tulis. 

2) Kelemahan ini dapat teratasi, yaitu bagi sekolah-sekolah yang mampu mengadakan alat-alat tersebut dengan pengajar-pengajarnya yang telah mahir menggunakan dan mampu mendesain pesan melalui program komputer Microsoft Powerpoint. Tidak memerlukan bantuan operator, dan dapat mengoperasikan sendiri.

Sanaky (2013: 155) menjelaskan bahwa dalam penggunaan media Powerpoint memiliki kelebihan dan kelemahan. Adapun kelebihan dari penggunaan media yaitu meliputi : 

1) Praktis, dapat digunakan untuk semua ukuran kelas.

2) Memberikan kemungkinan tatap muka dan pemberi pesan dapat mengamati respons dari penerima pesan atau pembelajar.

3) Memberikan kemungkinan pada penerima pesan mencatat.

4) Memiliki variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan.

5) Memungkinkan penyajian dengan berbagai kombinasi warna.

6) Dapat disusun kembali berdasarkan urutan materi atau sekuens belajar dan dapat dipergunakan berulang-ulang.

7) Dapat dihentikan pada setiap sekuens belajar yang dikehendaki karena Kontron sepenuhnya pada komunikator.

8) Lebih sehat bila dibandingkan dengan papan tulis.

9) Tidak memerlukan penggelapan ruangan.

10) Mendorong motivasi pembelajar untuk belajar.

Sanaky (2013: 21) menguraikan bahwa kelemahan dari 

penggunakan media Powerpoint interaktif, meliputi: 

1) Pengadaannya mahal dan tidak semua sekolah dapat memiliki.

2) Media ini memerlukan perangkat keras (hardware) yang khusus untuk memproyeksikan pesan yaitu komputer dan LCD.

3) Memerlukan persiapan yang matang dan terencana, terutama bila menggunakan teknik-teknik penyajian (animasi) yang kompleks.

4) Diperlukan keterampilan khusus dan kerja yang sistematis untuk menggunakannya.

5) Menuntut keterampilan khusus dan kerja yang sistematis untuk menggunakannya.

6) Menuntut keterampilan khusus untuk menuangkan pesan atau ide-ide yang baik pada disain program komputer Powerpoint, sehingga mudah dicerna oleh penerima pesan.

7) Bagi pemberi pesan yang tidak memiliki keterampilan menggunakan, dapat memerlukan operator atau pembantu khusus.

8) Selalu saja terjadi kerusakan hardisk, padat dan diserang virus.

Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti atau penulis  menyimpulkan bahwa kelebihan dan kelemahan Powerpoint yaitu praktis karena dapat memuat materi dalam bentuk tulisan, gambar, video, bahkan animasi serta dapat disimpan dengan mudah serta dapat menarik minat dari peserta didik untuk belajar. Kelemahan dari Powerpoint yaitu alat-alat tidak tersedia disemua sekolah, memerlukan pengajar yang bisa dalam menggunakan media TIK.


Kesimpulan:

Penggunaan Microsoft Powerpoint dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada saat ini merupakan salah satu solusi dan inovasi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Dengan hadirnya Microsoft Powerpoint membuat KBM berjalan lebih efektif dan dapat menambah semangat siswa dalam belajar. Salah satu keunggulan dari Microsoft Powerpoint adalah dapat memadukan antara audio dan visual. Hal ini juga dapat memaksimalkan kreativitas guru dalam mengajar.


Daftar Pustaka:

Indriyanti, Ririn. 2017. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI DEPOK 1. YOGYAKARTA: UNIVERSITAS SANATA DHARMA

Irawan, Dedi. 2013. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT MENDESKRIPSIKAN GAMBAR TEKNIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN. YOGYAKARTA: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA



Komentar

Postingan Populer