Pengembangan Program Pembelajaran Komputer Menggunakan Microsoft Power Point
Microsoft
office Powerpoint merupakan suatu perangkat lunak yang diciptakan khusus untuk
menangani perancangan presentasi grafis secara mudah dan cepat. Dengan
menggunakan Microsoft office Powerpoint kita dapat merancang presentasi visual
yang menakjubkan menggunakan teks, grafis, foto, animasi, video, dsb (Dr.
Erhans Anggawirya, 2011: 7).
Microsoft
Office PowerPoint banyak digunakan oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para
pendidik, siswa dan trainer karena memiliki beberapa keuntungan seperti
pengoperasionalan yang mudah, sederhananya tampilan ikon-ikon dan tidak harus
mempelajari bahasa program komputer. Meskipun program aplikasi ini sebenarnya
merupakan program untuk membuat presentasi namun fasilitas yang ada dapat
dipergunakan untuk membuat media pembelajaran. Media pembelajaran yang
dihasilkan akan cukup menarik karena memiliki beberapa fasilitas seperti:
a.
Memasukkan teks, gambar, suara dan video
Fasilitas
yang penting dari program aplikasi ini adalah fasilitas untuk menampilkan teks.
Dengan fasilitas ini pembuat program bisa menampilkan berbagai teks untuk
berbagai keperluan misalnya untuk pembelajaran menulis, membaca atau
pembelajaran yang lain. Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas tampilan
gambar, suara dan video untuk memperjelas materi yang disampaikan.
b.
Membuat tampilan menarik
Ada
beberapa fasilitas yang disediakan untuk membuat tampilan menarik. Fasilitas
yang pertama adalah background. Background akan memperindah tampilan program.
Fasilitas lain yang akan membuat tampilan lebih menarik adalah fasilitas
animasi. Dengan fasilitas ini gambar-gambar dan teks akan muncul ke layar
dengan cara tampil yang bervariasi.
c.
Membuat hyperlink
Hyperlink
atau hubungan dalam satu program akan memungkinkan memberikan umpan balik
secara langsung. Hubungan dengan program lain akan memperkaya fasilitas yang
mendukung seperti halnya dalam proses pembelajaran dan hubungan dengan internet
akan membuka berbagai kemungkinan pembelajaran yang lebih luas, pribadi dan
otentik Fasilitas ini sangat penting dan sangat mendukung, dengan hyperlink
program bisa terhubung ke program lain atau ke jaringan internet.
Sebelum
mulai membuat media pembelajaran Microsoft office Powerpoint ada beberapa hal
yang perlu di perhatikan. Dr. Erhans Anggawirya (2011: 10) menjabarkan beberapa
langkah awal mendesain presentasi, yaitu:
a.
Apa inti masalahnya?
Menentukan
inti permasalahan terpenting yang akan disapaikan melalui presentasi.
b.
Siapa audiennya?
Audien
adalah orangn yang menjadi target sasaran presentasi. Mengetahui dan memahami
audien dengan baik sangat diperlukan sebelum mendesain presentasi. Presentasi
yang diberikan kepada karyawan, berbeda dengan yang diberikan kepada pemegang
saham.
c.
Apa tujuannya?
umum, tujuan presentasi adalah untuk
menginformasikan, meyakinkan, membujuk, menginspirasi, atau menghibur audien.
Setiap tujuan membutuhkan desain presentasyang berbeda. Presentasi yang
bertujuan untuk menghibur, desainnya berbeda dengan presentasi yang bertujuan
untuk meyakinkan.
d.
Pembuatan outline
Setelah
mengetahui inti masalah, audien, dan tujuan presentasi, langkah selajutnya
adalah membuat outline presentasi. Outlinemerupakan kerangka utama dari materi
presentasi yang akan disampaikan. Dalam outline dicantumkan teks, ilustrasi
pendukung, dan perkiraan sound.
Murti (2013: 4) mengungkapkan kelebihan serta kelemahan
dari media Powerpoint adalah sebagai berikut:
1) Kelebihan media Powerpoint yaitu:
(a) guru atau pengajar bebas menulis apa saja,
(b) menampilkan gambar apa saja,
(c) menampilkan animasi (gambar bergerak) dan video (film) sesuai kebutuhan,
(d) bisa disimpan dan digunakan kembali kapan saja, sedangkan papan tulis hanya sekali pakai karena apa yang ditulis pada papan tulis hari ini tidak bisa digunakan lagi saat mengajar berikutnya,
(e) media powerpoint juga mampu menyajikan teks, gambar, animasi, dan video yang tidak mungkin dibuat di papan tulis. Itulah beberapa keunggulan media digital dibandingkan media papan tulis.
2) Kelemahan ini dapat teratasi, yaitu bagi sekolah-sekolah yang mampu mengadakan alat-alat tersebut dengan pengajar-pengajarnya yang telah mahir menggunakan dan mampu mendesain pesan melalui program komputer Microsoft Powerpoint. Tidak memerlukan bantuan operator, dan dapat mengoperasikan sendiri.
Sanaky (2013: 155) menjelaskan bahwa dalam penggunaan media Powerpoint memiliki kelebihan dan kelemahan. Adapun kelebihan dari penggunaan media yaitu meliputi :
1) Praktis, dapat digunakan untuk semua ukuran kelas.
2) Memberikan kemungkinan tatap muka dan pemberi pesan dapat mengamati respons dari penerima pesan atau pembelajar.
3) Memberikan kemungkinan pada penerima pesan mencatat.
4) Memiliki variasi teknik penyajian yang menarik dan tidak membosankan.
5) Memungkinkan penyajian dengan berbagai kombinasi warna.
6) Dapat disusun kembali berdasarkan urutan materi atau sekuens belajar dan dapat dipergunakan berulang-ulang.
7) Dapat dihentikan pada setiap sekuens belajar yang dikehendaki karena Kontron sepenuhnya pada komunikator.
8) Lebih sehat bila dibandingkan dengan papan tulis.
9) Tidak memerlukan penggelapan ruangan.
10) Mendorong motivasi pembelajar untuk belajar.
Sanaky (2013: 21) menguraikan bahwa kelemahan dari
penggunakan media Powerpoint interaktif, meliputi:
1) Pengadaannya mahal dan tidak semua sekolah dapat memiliki.
2) Media ini memerlukan perangkat keras (hardware) yang khusus untuk memproyeksikan pesan yaitu komputer dan LCD.
3) Memerlukan persiapan yang matang dan terencana, terutama bila menggunakan teknik-teknik penyajian (animasi) yang kompleks.
4) Diperlukan keterampilan khusus dan kerja yang sistematis untuk menggunakannya.
5) Menuntut keterampilan khusus dan kerja yang sistematis untuk menggunakannya.
6) Menuntut keterampilan khusus untuk menuangkan pesan atau ide-ide yang baik pada disain program komputer Powerpoint, sehingga mudah dicerna oleh penerima pesan.
7) Bagi pemberi pesan yang tidak memiliki keterampilan menggunakan, dapat memerlukan operator atau pembantu khusus.
8) Selalu saja terjadi kerusakan hardisk, padat dan diserang virus.
Berdasarkan pemaparan di atas, peneliti atau penulis menyimpulkan bahwa kelebihan dan kelemahan Powerpoint yaitu praktis karena dapat memuat materi dalam bentuk tulisan, gambar, video, bahkan animasi serta dapat disimpan dengan mudah serta dapat menarik minat dari peserta didik untuk belajar. Kelemahan dari Powerpoint yaitu alat-alat tidak tersedia disemua sekolah, memerlukan pengajar yang bisa dalam menggunakan media TIK.
Kesimpulan:
Penggunaan Microsoft Powerpoint dalam Kegiatan Belajar Mengajar pada saat ini merupakan salah satu solusi dan inovasi bagi dunia pendidikan di Indonesia. Dengan hadirnya Microsoft Powerpoint membuat KBM berjalan lebih efektif dan dapat menambah semangat siswa dalam belajar. Salah satu keunggulan dari Microsoft Powerpoint adalah dapat memadukan antara audio dan visual. Hal ini juga dapat memaksimalkan kreativitas guru dalam mengajar.
Daftar Pustaka:
Indriyanti, Ririn. 2017. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP TERHADAP LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI DEPOK 1. YOGYAKARTA: UNIVERSITAS SANATA DHARMA
Irawan, Dedi. 2013. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT MENDESKRIPSIKAN GAMBAR TEKNIK PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN. YOGYAKARTA: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Komentar
Posting Komentar